Konfigurasi Web Server IIS di Windows Server 2012


Pengertian dari Web Server sendiri adalah suatu program atau mesin yang menjalankan program yang mengerti protokol HTTP (HyperText Transfer Protocol) dan dapat menanggapi permintaan-permintaan dari web browser yang menggunakan protokol tersebut. Untuk paket dari web server ini bermacam-macam, seperti contoh di Windows Server ada paket web server IIS (Internet Information Services) dan untuk Sistem Operasi Debian terdapat paket Apache2 untuk web server yang bisa digunakan.

Topologi :


Installasi :

Oke, sebelum installasi, disini kita asumsikan dahulu bahwa dalam Windows Server yang akan kita installasi paket web server IIS ini sudah terinstall dan terkonfigurasi paket lain yang dibutuhkan, seperti DHCP dan DNS. Jadi untuk langkah dibawah ini kita hanya menginstallasi paket Web Server saja, untuk langkah installasi dari DHCP dan DNS server bisa dilihat di artikel Keran Ilmu yang lain.
  1. Pertama, login ke administrator, atau dalam praktik ini saya menggunakan user administrator.
  2. Setelah login, dan terbuka dashboard server manager, pilih pada add roles and features seperti gambar dibawah ini.
  3. Untuk langkah selanjutnya klik next saja tanpa mengubah pilihan dibawah.
  4. Pada tahap pilih nama komputer yang sudah dbuat lalu klik next saja.
  5. Selanjutnya, pilih paket yang akan diinstall, dalam kasus ini kita akan mengkonfigurasi webserver, maka paket yang diinstall yaitu Web Server (IIS) seperti dibawah, klik untuk ceklist, dan klik next
  6. Selanjutnya klik next saja pada pilihan features tanpa perlu ceklist pilihan apapun.
  7. Pada bagian konfirmasi klik install saja.
  8. Tunggulah proses installasi hingga selesai. Jika sudah selesai klik close saja.
  9. Setelah installasi selesai, sekarang setting network adapter di computer client, dalam hal ini saya menggunakan client di computer real saya windows 10, saya menggunakan vmnet 1 dalam network adapter di vmware, maka saya sesuaikan di computer client saya, dank arena sudah dikonfigurasi dhcp nya maka saya pilih obtained IP otomatis dan DNS otomatis seperti gambar dibawah ini. 
  10. Cek dengan mengakses domain dari browser di computer client. 
  11. Selesai


EmoticonEmoticon